Friday, May 27, 2005

Viral marketing

"Setelah Paris - London dg kereta api melalui terowongan di bawah English channel, sebentar lagi akan di bangun jalur kereta api cepat di bawah lautan atlantik yg menghubungkan Paris-NY. Sehingga jarak ke 2 kota tersebut bisa dicapai hanya dlm 8 jam saja!!!"

Kaget n terkagum2 juga waktu baca berita ini. Penampilan websitenya benar2 serius, ada profil presidennya, orang2 yg akan terkait dlm proyek ambisius ini, foto2 dan nama dan lokasi calon stasiunnya, dll. Selain itu informasi teknik dan tahapan2 proyek dibahas dg cukup meyakinkan.

Setelah cek n ricek ternyata site ini cuma merupakan ulah agen advertising DBB Digital utk mempromosikan site www.sncf-voyage.com, site reservasi online persh. KA perancis. Di site tsb kita bisa ikut lotere dg hadiah tiket + hotel selama 7 hari dari Paris-NY.... tapi naik pesawat. Nah, ini dia "kaitan"nya dg si pemesan iklan, www.sncf-voyage.com, krn site ini selain menawarkan reservasi online tiket kereta juga menawakan tiket pesawat + hotel.

Jadi kasus transatlantys ini bisa dikategorikan sbg "viral maketing" krn stl kita mendaftar lomba, kita diminta utk mempromosikan ke 3 kenalan kita....... Ngomong2 mengenai teknik viral marketing, kadang2 sulit juga kita membedakan mana yg benar dan mana yg hanya dalih marketing saja.

Contoh lain yg benar2 sukses mengelabui orang sekampung (malah seluruh penjuru dunia) adalah film The Blair witch project. Utk lebih lengkapnya, baca ini aja deh.....

2 Comments:

At 29/5/05 2:42 PM, Blogger Lili said...

Ngiriiiiii, liat public transportation negara lain....kapan yah Indo kayak gitu.

Di sini macet pisan n public trans-nya belum ada yg bisa menjamin..aduh biyung.

China juga sudah punya kereta tercepat kayak di prancis, apalagi jepun...aduh mau dong...kalau Miss L pulang ke Indo, bisa terkaget2 deh. Bayangin kertea Jabotabek penumpangnya bisa duduk di atas kereta, saking tidak disiplinnya..padahal udah banyak kasus yg mati, tp pada ndak kapok2.

 
At 21/7/05 8:45 PM, Blogger Danny said...

Pairs - NY in 8 hours!!!??
Wow, aku tunggu deh kalo ini benar2x jadi kenyataan.
Salam kenal ya miss L, makasih info pulau komodonya di blogfam :)

 

Post a Comment

<< Home